Lambo Segera Beralih Ke Listrik!

21-05-2021,08:51

Beberapa hari lalu, CEO Lamborghini, Stephan Winkelmann mengumumkan rencananya bertransisi ke BEV (Battery Electric Vehicle) secara bertahap. Mulai 2024 mendatang, semua mobil baru Lamborghini produksi akan bermesin plug-in hybrid. Setelah itu, akan muncul BEV sebelum 2030.

Sebenarnya, jalan Lambo menuju penggerak baterai tidak begitu mulus. Sián roadster yang dikenalkan pada 2019 jadi terhambat, karena supercapacitor yang digunakan sebagai pengganti baterai, belum siap.

Sebelumnya, pada November 2017, Lamborghini pun sudah memperlihatkan mobil konsep Terzo Millennio di Massachusetts, Amerika. Proyek kerjasama dengan MIT (Massachusetts Institute of Technology) menggunakan motor listrik pada setiap roda, yang akan menyala ketika digunakan.

Tampaknya proyek itu pun sekarang terhenti, atau tertunda cukup lama. Selain teknologi yang digunakan memang unik (panel bodi rusak akan kembali normal secara otomatis), Lambo pun masih memilih supercapacitor sebagai media penyimpan listrik. Dan, karena supercapacitor terbuat dari serat karbon, mereka ingin mengintegrasikan dengan panel bodi...

Menarik, tapi pasti lama. Yang bisa dipastikan, Lambo akan mendapat dukungan kuat dari grup yang menaunginya. Toh di situ sudah ada VW dan Audi yang sama-sama sudah advance soal BEV.  

Satu yang jadi pertanyaan penting, bagaimana dengan raungan khas 12 silindernya bila nanti jadi BEV? Kami belum temukan jawabannya, namun Winkelmann menyebut suara itu tetap ada di versi PHEV.

sumber : Lamborghini

Share :