Tesla Roadster Generasi Kedua

22-05-2021,23:53

Tesla selalu ingin jadi yang tercepat. Apalagi pada produk flagship atau icon mereka, seperti Roadster yang generasi keduanya diperkenalkan pada 2017 silam. Spesifikasi Roadster dibuat paling canggih dibanding mobil Tesla lainnya. Jarak tempuh 998 km, kecepatan puncak 402 km/j, dan akselerasi ke 96 km/j dalam 1,9 detik. Luar biasa? Belum...

Tentu bukan Elon Musk namanya kalau tidak menyiapkan kehebohan. Pada unit yang dipamerkan di Musium Otomotif Petersen di Los Angeles, Amerika, tertera bahwa dengan paket khusus SpaceX, Roadster itu akan mampu berakselerasi ke 96 km/j hanya dalam 1,1 detik! Ini baru edan..

Sebenarnya beberapa pakar fisika sudah meragukan akselerasinya yang 1,9 detik, karena menilai sulit bagi kendaraan massal yang digerakkan roda akan mampu, sebesar apapun tenaganya. Apalagi bila ingin 1,1 detik, mustahil kah? “Akan memakai pendorong bertenaga udara yang tersembunyi di balik pelat nomer belakang,” kicau Elon Musk di Twitter.

Apakah ini benar? Kami pun ragu, sebab peluncuran Roadster ini terus tertunda hingga beberapa tahun. Dan Elon pun terkenal pandai memanfaatkan media sosial untuk kepentingan bisnis, seperti yang dia lakukan dengan Crypto Currency beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, mobil Tesla yang lain memang kencang luar biasa. Dan Elon memang menguasai beberapa teknologi ruang angkasa dari proyek SpaceX-nya. Rasanya kita perlu menunggu tahun depan, sesuai rencana Tesla memasarkan Roadster terbarunya.

 Kalau ternyata benar, Roadster akan kembali mencuri panggung dari beberapa hypercar yang muncul saat itu. Kita lihat nanti...

Spesifikasi Tesla Roadster :

Baterai 200 kWh

Tiga Unit Motor Listrik, dua untuk roda belakang, satu pada roda depan

Torsi 10.000 Nm

Penggerak All-wheel Drive

Kapasitas empat penumpang

Harga Dasar $200,000

 

Sumber : Motor1, InsideEV

Share :