e.GO Life Sport

28-05-2021,17:13

Mobil listrik kecil bertajuk e.GO Life ini, bukanlah produk baru. Dibuat oleh e.GO Mobile AG asal Jerman, yang berdiri pada 2015 silam. Prototipenya baru diperlihatkan pada 2017, pesanan pada April 2018 mencapai 3.200 unit. Mereka pun membuat pabrik pada Juli 2018, dengan pengiriman produk perdana pada Mei 2019.

            Semua berjalan lancar hingga 500 unit terkirim, lalu COVID-19 melanda dunia, dan mengganggu semua pasokan bahan baku. Mereka mesti restruktur ulang dan mendapat investor baru, yang memungkinkan mereka meneruskan produksi di tahun ini.

            Kami tertarik dengan e.GO Life ini karena modelnya yang sporty untuk kelas compact city car. Soal spesifikasi, e-GO memang didesain sebagai city car listrik, sehingga fitur dan performanya sangat pas untuk transportasi dalam kota. Seperti sistem audio yang terkoneksi dengan smartphone, e.GO Life app yang memantau jarak tempuh dan kebiasaan mengemudi. Kabinnya memang kecil, tapi fungsional dengan jok belakang yang bisa dilipat serta pengatur barang bagasi.

            Yang unik sistem pengecasan yang bisa dimana saja, tanpa perlu tergantung pada charging station khusus. Asal ada outlet listrik, tinggal colok. Lama pengecasan dari 0-95% antara 6 jam hingga 10 jam, tergantung charger yang dipakai. Mobil berbobot 1,49 ton ini sanggup menempuh 132 km per charge, dengan kecepatan maksimum 130 km/j. Cocok kan untuk dalam kota?

            Di Jerman, e.GO life versi sport ini dijual dengan harga setara Rp 300 juta. Oiya, e.GO juga membuat versi e.GO Life Cross yang condong SUV. Bannya lebih besar dengan tapak kasar, dimensi juga lebih besar. Tenaga dan kapasitas baterainya dijanjikan lebih besar, sayang hingga kini belum ada detail resmi soal harga dan spesifikasi. Yang pasti sih sama-sama keren...

 

 

Spesifikasi

Tenaga Motor (Continuous/Peak)  29kW/57kW

Kecepatan puncak                            130 km/h

Akselerasi 0-50 km/j                          4.3 dtk

Baterai                                                Lithium-Ion    21.5 kWh

Tegangan baterai                              374 V

Panjang                                              3.345 mm

Lebar                                                  1.747 mm

Tinggi                                                 1.588 mm

Jarak sumbu roda                             2.200 mm

 

 

Sumber e.GO

Share :