Energica !

18-06-2021,11:47

Penyuka kecepatan bakal suka dengan motor listrik Energica. Pabrikan asal Italia itu membuat tiga model utama, Ego, Eva Ribelle, dan EsseEsse9. Khusus Ego, sejak 2019 menjadi motor tunggal MotoE, balap kelas puncak sepeda motor dunia. Tentu spesifikasinya istimewa. Tampilan sportbikenya

Sedangkan Eva Ribella, tampil ala streetfighter atau mereka menyebutnya sebagai Hyper Naked. Sebenarnya, si Eva ini adalah Ego versi telanjang, dengan perbedaan utama hanya pada posisi duduk dan kecepatan puncak.

            Sejak awal, Energica memang fokus pada sepeda motor listrik premium, dengan karakter sport yang kental. Maklum, Italia gudangnya motor kencang jawara, dari Ducati, MV Agusta, Aprilia, Cagiva hingga MotoGuzzi, semuanya tumbuh dan besar di sirkuit balap.

            Alhasil, spesifikasi dasar dan performa trio Energica itu sulit dilawan produsen motor listrik lain. Ketiganya dibekali tenaga 107 kW atau sekitar 145 hp dengan torsi 215 Nm! Sebagai gambaran, SUV baru Toyota Raize bermesin 1000 cc turbo hanya memiliki torsi 140 Nm.

            Soal kecepatan, Eva Dan EsseEsse9 mampu berlari hingga 200 km/j, sedangkan Ego dibatasi 240 km/j. Namun akselerasinya sadis, 0-96 km/j hanya dalam 2,9 detik. Yang asyik jarak tempuhnya, dengan baterai 21,5 Kwh, mampu menempuh 400 km per charge. Bila menggunakan fast charging DC Mode4, hanya butuh 40 menit untuk mengisi 80% kapasitas baterai!

            Kalau belum puas, di 2021 ini masing-masing model tersedia dalam versi RS alias Reparto Sportivo, atau divisi Sport. Versi RS ini mengaplikasi semua pengalaman mereka di MotoE. Akselerasinya pun menajam, 0-96 km/j hanya dalam 2,6 detik! Selain itu ada beberapa penyesuaian dan perlengkapan berbeda, semisal rantai yang lebih kuat, serta body pats kompetisi.

            Nah, tiga motor Energica ini sudah tersedia di Indonesia, dan akan diluncurkan resmi dalam waktu dekat ini, oleh APMnya, PT Utomo International (Utomocorp). Kalau penasaran, silakan samperin ke MOTOLIFE, di kawasan SCBD Sudirman, Jakarta.

 

Sekilas spesifikasi

Motor Permanent Magnet AC, Oil Cooled

Controller 400 Amp

Baterai 21,5 Kwh.

Tenaga : 145-147 dk, tergantung versi

Torsi : 215 Nm

Share :