WMC250EV

29-06-2021,14:51

Dua tahun belakangan ini, Robert White sibuk mengembangkan WMC250EV, motor listrik yang dibuat khusus untuk memecahkan rekor kecepatan motor listrik Inggris dan dunia. Dia ingin memecahkan rekor Max Biaggi diatas motor Voxan yang dilakukan tahun lalu.

            Robert White adalah bos White Motorcycle Concepts, yang ingin menciptakan konsep kendaraan untuk mendisrupsi pasar, melalui kombinasi performa dan teknologi ramah lingkungan. Robert berpengalaman di industri balap mobil papan atas, seperti Prodrive LMP1, Aussie V8 Supercars, dan menggarap Mercedes F1. Dia mengandalkan dua resep untuk membuat motornya kencang. Pertama aerodinamika, kedua ialah penggerak dua roda.

Robert pun menerapkan teknologi aerodinamika mobil balap pada sepeda motor. Menurut dia, sebelumnya tak ada upaya serius untuk mengoptimalkan aerodinamika sepeda motor. Robert mengklaim, teknologi yang sudah dipatenkan di Inggris itu, sangat signifikan menaikkan performa. Dinamai V-Air, teknologinya memangkas nilai aerodinamika pada sepeda motor produksi hingga 70%!

Salah satu wujudnya pada WMC250EV, adalah lubang besar dari depan hingga belakang motor. Seperti donat yang tengahnya bolong. Udara yang menghambat bukan hanya dipaksa ke samping, tapi juga mengalir ke tengah motor, dari depan hingga belakang. Selain menurunkan Coefficient of Drag secara drastis, cara ini juga mengeliminir kecenderungan roda depan terangkat saat akselerasi.

Namun, satu syarat aplikasi V-Air adalah penggunaan motor listrik. V-Air mustahil pada motor bensin, karena bagian tengah terisi mesin. Sedangkan motor listrik lebih fleksibel soal penempatan komponen penggerak.

WMC pun dapat memasang baterai 15 kW, controller/inverter dan motor listrik AC serendah mungkin. Sepasang dinamo mid drive 30 kW menggerakkan roda belakang via rantai, sepasang hub drive 20 kW menggerakkan roda belakang. Total, ada 100 kW untuk dinamo!

Target yang disasar Robert White adalah rekor Max Biaggi pada Voxan Wattman (voxan).  Biaggi sempat mencatat kecepatan 253 mil per jam, atau sekitar 407 km/j.

Apakah Robert bisa? Tunggu acaranya tahun depan, di Bolivia..

 

Foto : WCM

Share :