Katalis Quatro-P

03-07-2021,15:13

Katalis ialah merek motor Indonesia yang popularitasnya paling cepat melesat. Tak sampai setahun, namanya sudah dikenal secara global, terutama di kalangan penyuka motor custom.

Awalnya, sekelompok desainer dan profesional marketing dan branding itu mencuri panggung ketika ikut meramaikan kompetisi modifikasi motor listrik, pada salah satu pameran otomotif Nasional April 2020 lalu.

Mereka memodifikasi Selis Garuda 500 watt, yang dinamai EV500. Ubahannya total, tak menyisakan bentuk asli. “Mengambil landasan desain dari pesawat tempur khas Perang Dunia ke-2,” ucap Principal Designer Katalis Company, Julian Palapa.

            Desainnya yang unik tak hanya memancing media lokal, media luar negeri pun meliput dengan antusias karya perdana itu. Dari situ, Katalis juga melakukan beberapa penyempurnaan, dan meluncurkan EV1000 yang bertenaga 1000 watt, diikuti beberapa model hasil kolaborasi, seperti TheArsenale, EV1000 MS, dan 1K/56.

            Tepat di awal Januari 2021 lalu, Katalis pun merilis Spacebar. Dengan desainnya benar-benar beda dari produk sebelumnya. Kali ini, mereka membuatnya dari nol. Spacebar tampil lebih fungsional namun tetap unik dan mempertahankan dimensi kecil ala commuter jarak dekat. Meski kecil, tenaganya 1200 watt, lebih besar dibanding sebelumnya. Dan jarak tempuhnya lumayan, 60 km.

Spacebar ini juga menandai keseriusan Katalis untuk memproduksi motor listrik. Hanya beda setengah tahun, belum lama ini Katalis meluncurkan versi berbeda yang dinamai Quatro-P.

Desain bodi aluminiumnya mengambil inspirasi utama dari robot anime (kartun Jepang) era 1980-1990an. “Kami mengambil elemen grafis dan warna, yang zaman itu didominasi merah, biru dan kuning,” ungkap Julian.

Dinamai Quatro-P sebagai bentuk apresiasi kepada pembeli pertamanya, yakni Pradana Harsa. Desain Quatro-P ini memang dibuat khusus untuk pembeli pertama itu. Menurut Julian, mereka melalukan wawancara singkat terlebih dahulu guna menggali karakter dan kesukaan pembelinya lebih dalam.

Soal spesifikasinya, Spacebar Quatro-P dibekali motor berdaya 1.200 W dan rangka dengan material aluminium 6061.

Foto : Katalis.co

Share :