Rimac Nevera

14-07-2021,11:07

Rimac, sungguh serius soal kecepatan. Belum lama ini, perusahaan Kroasia yang berdiri 2009 itu, bersama Porsche menguasai kepemilikan Bugatti. Rimac 55%, sedangkan Porsche 45%.

Sebelumnya, Rimac sudah membuat Concept One (2011) menjadi mobil listrik produksi tercepat di dunia saat itu. Akselerasi ke 96 km/j dalam 2,6 detik, top speed 340 km/j (dibatasi), dan jarak tempuh 349 km. Hanya 88 unit Concept One yang dijual, masing-masing dihargai nyaris US$ 1 juta.

Model berikutnya, Concept S adalah versi ringan dari Concept One. Lebih ringan dan bertenaga, Concept S dibuat untuk trek balap. Akselerasi ke 96 km/j dalam 2,5 detik dengan kecepatan puncak 365 km/j!

Dengan mobil super cepatnya itu, tak heran bila Porsche pun membeli 10% kepemilikan Rimac, untuk menunjang program elektrifikasi mereka sendiri.

Nah, belum lama ini, Rimac memperlihatkan Nevera pada ajang Goodwood Festival of Speed 2021. Nevera, jauh lebih kencang dari Concept S sebelumnya. Dengan total tenaga 1.914 dk, torsi  2.600 Nm, dan bobot 1,95 ton, Nevera diklaim sanggup mencapai 96 km/j hanya dalam 1,85 detik! Dan kecepatan puncaknya 415 km/jam!

Sadiss..Jadi mengerti mengapa Porsche melirik mereka.

            Rencananya, Rimac akan membuat 150 unit Nevera. Masing-masing dapat dipesan dengan finishing custom, sesuai keinginan pemiliknya.

Tentu Nevera dilengkapi berbagai teknologi canggih untuk mengendalikan kemampuannya. Seperti All-Wheel Torque Vectoring 2 yang mengatur traksi empat roda dengan cerdas, serta aerodinamika aktif yang bekerja sesuai mode.

Namun, paling canggih adalah bantuan kemudi AI Driving Coach, yakni sistem bantuan kemudi yang akan membimbing pengemudi di trek balap. Dilengkapi 12 sensor ultrasonic, 13 kamera, 5 radar, dan sistem operasi latest NVIDIA Pegasus. Canggih!

Dengan semua fitur itu, tentu Nevera tidak murah. Rimac mematok harga minimum US$ 2,4 juta. Harganya akan melambung sesuai opsi custom yang kita minta...

Sumber : Rimac

 

Share :