Superformance-Everrati GT40

17-07-2021,15:14

Masih dalam semangat Retro EV, dua perusahaan berpengalaman bergandeng tangan membangkitkan kembali Ford GT40, dengan tenaga listrik.

Adalah Superformance, yang sudah 25 tahun membuat replika mobil legendaris 1960an, dan Everrati™, yang langganan menggarap konversi listrik pada mobil klasik.

Yang membuat proyek ini istimewa, karena ini bukan sekadar engine swap atau konversi EV biasa, yang menukar mesin dan tangki bbm, dengan motor listrik dan baterai.

Superformance membuat replika yang sudah mendapat lisensi dari prinsipal pembuatnya. Sehingga konstruksinya sesuai standar asli, bahkan beberapa bagian disempurnakan. Hasilnya adalah produk otentik yang lebih bagus dari aslinya.

            Superformance bersama Everatti mengatur ulang sasis dan suspensi, agar peletakan baterai dan sistem kelistrikannya mendapat distribusi bobot optimal, sesuai mobil aslinya. Hasilnya adalah performa maksimal, baik handling maupun tenaga. Ibaratnya, mereka membuat GT40 baru yang bertenaga listrik, dengan tampilan GT40 lama.

            Menurut Justin Lunny, pendiri dan CEO Everrati™, kerjasama mereka dengan Superformance akan menghasilkan performa yang lebih tinggi, namun mempertahankan esensi asli GT40. Sebab kualitas kerja Superformance sudah terkenal sejak dulu.

            Sedangkan Lance Stander, CEO Superformance menyatakan kekaguman akan tim Everrati, yang mampu mempertahankan karakter orisinal GT40 sembari menambah performanya. “Ini akan opsi menarik bagi penggemar mobil sport klasik.”

Dalam sejarahnya, Ford GT40 direkayasa oleh Carrol Shelby pada 1960an, untuk mengalahkan Ferrari di Le Mans. Awalnya memakai mesin V8 7.000 cc bertenaga 485 dk, namun demi aturan lomba, kapasitas mesin dikecilkan ke 4.900 cc.

Apakah Everrati bisa menyaingi itu? Memang belum ada keterangan resmi, namun Everrati sudah membuat sebuah Porsche 964 listrik dengan baterai 53 kWh dan bertenaga 500 dk. Jadi rasanya bukan masalah buat mereka...

Sumber : carbuzz, electrec

Share :