Retro EV : Mercedes 280SL Pagoda

19-07-2021,09:11

Hemmels adalah perusahaan Inggris yang spesialis merestorasi Mercedes Coupe klasik. Mereka mengambil model-model yang popular di kalangan kolektor, seperti 190SL, 280SL hingga 300SL Gullwing, lantas direstorasi. Dari sasis sampai pernik aksesori, semua layaknya keluar dari showroom.

Dan dijualnya pun tidak murah...jauh lebih mahal dari Mercedes baru. Memang, karya Hemmels sangat eksklusif, mereka hanya mengerjakan 30 unit setahun.

Produk terbaru mereka di awal tahun ini adalah Mercedes 280 SL Pagoda yang bertenaga listrik. Diumumkan pada Januari 2021 ini, dalam tiga bulan sudah sold out. Sehingga April mereka mengumumkan produksi seri II, yang juga sudah selesai direservasi, dan kini mereka sudah membuka pemesanan untuk seri ke III. Oiya, harganya mulai dari US $239 ribu, atau sekitar Rp 3,5 Miliar..

            Seperti produk mereka yang lain, Hemmel membuat Pagoda listrik ini dengan banyak opsi finishing. Seperti warna roda kemudi, karpet, jenis kayu pelapis, warna dan jenis kulit pelapis jok, yang semua sesuai keinginan pemesan.

Namun begitu, tampilannya tetap murni Mercy Pagoda, kecuali emblem belakang yang berbeda, dan minus pipa knalpot.

Interiornya pun persis asli, tanpa monitor touchscreen, LED, atau sentuhan digital lainnya. Semua intrumen analog yang mendapat lapisan krom atau balutan kulit baru. Bila diparkir, sulit membedakan dengan versi bensin.

Ada beberapa penyempurnaan modern demi keamanan dan kenyamanan, semisal sistem pengereman dan power steering, pemanas, A/C dan sistem hiburan audio.

Soal penggeraknya, Hemmels memasang motor listrik 160 dk yang tak jauh dari mesin bensin aslinya. Jarak tempuh sekitar 320 km per charge, dan bobotnya tak beda jauh dari versi bensin. Namun Hemmel mengingatkan, ini bukanlah mobil untuk ngebut, jangan berharap akselerasi sekelas Tesla.

 

Sumber : Hemmels

Share :