Motocross Listrik Menggeliat!

23-07-2021,05:42

Sepeda motor listrik sudah mulai mendunia. Maka tak heran bila FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme), yang menaungi MotoGP, MXGP, WSBK hingga World Enduro Championship, termasuk MotoE dan Trial-E World Cup, ingin menambah porsi listriknya.

Awal bulan ini, FIM mengumumkan akan menggulirkan E-Xplorer World Cup, yang rencananya akan mulai 2022 nanti. Lomba ini versi roda dua dari Extreme-Enya FIA.

Seri E-Xplorer akan diadakan lima kali di trek alam bebas, di beberapa negara, termasuk Amerika dan Swiss. Sepuluh tim akan berkompetisi, masing-masing dengan dua pembalap (pria dan wanita). Bedanya dengan Extreme-E, tim yang berlaga bebas memilih motor listriknya. Syaratnya hanya penggerak listrik penuh (Baterai) dengan bobot maksimal motor 130 kg.

FIM sudah membidik beberapa brand yang berpotensi mengisi, termasuk KTM dengan Freeride E-XC, CAKE Kalk, serta Electric Motion Escape. Sekarang, FIM masih menunggu daftar peserta yang lengkap.

Sebenarnya, tepat sehari sebelum pengumuman FIM tadi, Infront Moto Racing bersama KTM AG serta FIM Eropa, juga mengumumkan seri FIM Europe Junior e-Motocross Championship yang akan berlangsung dalam dua tahun ke depan.

Infront Moto Racing adalah promotor kejuaraan dunia motocross atau MXGP World Championship. Sedangkan KTM AG, membawahi merek KTM, Husqvarna dan GASGAS yang memang spesialis motor offroad.

Sesuai namanya, event ini diisi pembalap cilik usia 6-8 tahun, dengan pilihan tunggangan KTM SX-E 5, Husqvarna EE 5 atau GASGAS MC-E 5, yang tersedia dengan harga khusus sepaket dengan pendaftaran, serta pernik lomba seperti topi, botol minuman, kaos, payung hingga pit-board.

Lombanya sendiri digandeng dengan beberapa seri Kejuaraan Dunia Motocross dari FIM. Event pertama adalah Monster Energy FIM Motocross of Nations di Mantova, Italia, September nanti.

            CAKE sendiri juga mengumumkan membuat lomba. Sejak awal berdiri, produsen motor listrik asal Swedia itu fokus trek tanah dan alam bebas. CAKE Kalk untuk yang suka ngebut, serta Ösa untuk petualang outdoor.

            Event yang dinamai CAKE World’s itu mengadu 16 pembalap pria dan wanita. Semuanya menunggang CAKE Kalk OR Race, sehingga hanya skill yang menentukan. Lomba berlangsung 20-21 Agustus 2021 nanti, di trek Gotland Ring, Swedia.

Treknya didesain oleh Robert Kvarnström, pembalap enduro Swedia, khusus untuk mengeksploitasi performa dan kelincahan CAKE. Maklum, bobot CAKE Kalk OR Race hanya 75 kg dengan torsi 280 Nm, manuvernya super gesit.

Ada beberapa hal positif dari motocross atau motor offroad listrik. Bagi kita di Indonesia, relatif mudah tak perlu pusing soal surat-surat kendaraan, karena motor trail memang buat main di jalur non aspal.

Bagi industri balap motor, motor listrik juga memberikan beberapa keuntungan. Seperti kata pendiri CAKE,  Stefan Ytterborn, motor trail listrik mampu berakselerasi cepat, sehingga tidak butuh trek besar dan luas untuk aksi maksimal. Pun tidak berisik dan tanpa polusi udara, berarti bisa di trek tertutup, atau area kecil yang mudah diakses penonton.

Satu lagi, produsen motor offroad listrik sudah banyak. Dari brand besar hingga spesialis. Di dalam negeri pun, beberapa pihak sudah mengembangkan trail, dari yang kecil (Waay-E Custom) hingga full size (Petrikbike), bahkan model grasstrack (Mandhasia Garage) mulai muncul. Kami yakin masih banyak, hanya belum ketahuan publik.

            Sepertinya tinggal menunggu gebrakan di Tanah Air...Duuh, semoga pandemi ini cepat berlalu...

Sumber : Electric Motorcycle News

Share :