Kia Soul EV Boardmasters Edition

13-08-2021,07:15

Boardmasters Festival adalah event tahunan yang sudah berlangsung sejak 1981 di sekitar kota Newquay, Cornwall, Inggris. Menggabungkan pagelaran musik dengan kompetisi seluncur dan skateboard, event ini sukses besar menarik perhatian dunia. Biasanya Boardmasters Festival berlangsung lima hari pada minggu kedua Agustus. Kira-kira saat seperti berita ini diupload..

Meski pandemi Covid19 melanda dunia, namun Boardmasters 2021 tetap berlangsung dengan prokes ketat. Tak heran sponsor tetap hadir, termasuk pabrikan mobil Korea, Kia, yang memamerkan konsep Kia Soul EV Boardmasters Edition.

Aslinya, Kia Soul EV adalah SUV urban pelahap aspal, bukan penakluk tanah offroad seperti Boardmasters Edition ini. Apalagi versi penggerak listrik ini, sering dianggap alergi bermain dekat air. Namun, demi tema event yang kental anak pantai, Kia melakukan modifikasi khusus.

Suspensi ditinggikan dengan lift kit 3 inci, lantas lebar track depan melar 4,3 inci, dan belakangnya 4,5 inci. Kia pun lega memasang pelek kaleng 16 inci dibalut ban Maxxis Bighorn 30 inci. Ini membuat kemampuan offroad Soul berubah drastis.

            Agar sesuai tema bermain pantai, pada atap dipasang roof rack pipa baja dengan dudukan papan selancar Tahe Bic Malibu. Juga ada panel surya yang membantu menghidupkan gadget elektronik kecil tanpa mengganggu baterai utama. Ada sepasang dua lampu sorot LED jika pesta berlangsung hingga larut malam.

            Interior belakang dimaksimalkan sebagai ruang penyimpanan. Buka pintu belakang, dan ada bangku lipat untuk bersantai, serta gantungan pakaian selam, pakaian basah serta handuk.

Sistem penggerak gak diutak-atik. Tenaga 201 dk (150 kilowatt) dan torsi 395 Nm sudah lebih dari memadai. Baterainya pun 64 kWh, namun dengan modifikasi ban dan suspensi, Kia tidak dapat memberikan perkiraan jarak tempuhnya.

Pun sistem hiburan dibiarkan standar, layar sentuh 10.25 inci yang terhubung ke sistem audio Harman/Kardon 10 spiker, siap berpartner dengan perangkat Android atau Apple.

Cocok gak di Bali atau Lombok?

Sumber : Motor1

Share :