Gateway Bronco – Satu yang Unik

19-08-2021,11:10

Ford boleh saja belum punya rencana untuk meluncurkan model Bronco versi elektrik, atau memang belum mengumumkannya secara resmi, karena gosipnya, pabrikan asal Dearborn ini sempat kebakaran jenggot saat Jeep mengumumkan akan memproduksi versi elektrik dari Wrangler.

Tapi jangan takut, jika Anda bermimpi untuk mengendarai Bronco versi listrik, modifikator asal Hamel Illinois Amerika Serikat, Gateway baru saja meluncurkan Gateway Bronco, restomod dari Ford Bronco klasik.

Sejak tahun 2016, Gateway memang sudah memposisikan diri sebagai spesialis untuk merestorasi Ford Bronco klasik, produksi tahun 1966 – 1977. Mereka sekarang memproduksi versi elektrik dasri Bronco klasik, tapi dengan sedikit keunikan.

Ada 2 model Bronco versi listrik yang diluncurkan, Fuelie Electric dan Luxe-GT Electric, model yang disebut terakhir tadi memiliki daya jelajah 482 km dengan sekali pengisian, sementara Fuelie memiliki jarak tempuh maksimum 322 km untuk sekali pengisian baterai.

Luxe GT dibekali mesin listrik bertenaga 400 hp dan diklaim mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam tempo 4,7 detik saja, sementara Fuelie dipasangkan motor berkekuatan 295 hp. Kecepatan 0-100 km/jam mampu diraihnya dalam waktu 6,7 detik. Performa luar biasa untuk SUV berumur di atas 50 tahun.

Nah ini yang menarik, jika biasanya kendaraan listrik dibekali transmisi otomatis, 1 percepatan, maka kedua model Bronco ini kabarnya menggunakan sistem transmisi manual 5 percepatan, walaupun jika dilihat, keduanya hanya memiliki 2 pedal di foto.

Jangan keliru, jika Anda mengira kedua model ini adalah SUV tua yang dikaryakan kembali, salah. Semua model Bronco yang diproduksi oleh Gateway bisa dibilang mobil baru. Semua bagian dipreteli dan dibangun ulang menggunakan komponen baru, mulai sasis, suspensi hingga remnya.

Sasis menggunakan Kincer, sementara remnya menggunakan model cakram dari Wilwood. Kedua model Bronco bertenaga setrum ini juga menggunakan pelek 18 inci yang dibalut ban Toyo off-road.

Anda si penggemar SUV klasik pasti sudah ngiler kan? Silakan siapkan mahar sebesar $ 260.000 untuk meminang Fuelie Electric dan $ 380.000 untuk Luxe-GT Electric. Itu baru harga belinya lho, belum pajak masuk ke Indonesia..

Sumber : Insideevs

                 Gateway Bronco

Share :