BMW R65 Electric – Mengantar Masa Lalu ke Masa Kini

21-08-2021,05:27

Mesin boxer dari BMW memberikan sesuatu yang unik untuk para penyuka roda dua. Mulai dari dentuman sepasang piston rebah, hingga bunyi khas dari kopel yang menyambungkan transmisi ke roda belakang. Motor listrik memang tidak bisa memberikan keunikan itu, tapi rumah modifikasi asal Italia, Freesound Customs menginginkan dua karakter yang beda menjadi satu karakter baru saat mereka merenovasi BMW R65 ini.

Motor BMW custom versi listrik ini pertama kali diperlihatkan oleh Freesound Customs di ajang Motorbike Expo di Verona, Italia tahun lalu, dan mulai dibangun dan dikembangkan sejak saat itu.

Motor listrik bertenaga 20 hp disembunyikan di dalam casing mesin BMW R65 yang dalamnya dikosongkan, digabungkan dengan baterai 72V yang hanya mampu memberikan tenaga penuh pada mesin hanya selama 20 menit saja. Uniknya, Freesound mesih mempertahankan sistem transmisi manual  percepatan dan kopling mesin boxer untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang.

Karena sistem jalur gas buang sudah tidak lagi diperlukan, Freesound memutar silinder mesin boxer 180 derajat, mengisi ruang kosong yang ditinggalkan lubang exhaust dengan dudukan lampu tambahan.

Jika motor BMW ini tidak berbentuk R65 lansiran akhir tahun 80an, Anda sama sekali tidak salah. Sasis motor ini diambil dari BMW R45, suspensi belakang dari Honda CBR 600 RR, juga swingarm dari BMW R 100 GS,  serta beberapa onderdil kosmetik dari Ducati dan Harley Davidson untuk mendapatkan kombinasi retro-modern ini.

Secara estetika, Freesound mengadopsi tema aviasi untuk menghormati sejarah pabrikan asal Bavaria. Lihat saja pelek belakang yang dibentuk mirip dengan baling-baling berlapis krom. Sementara bagian ekor motor dibuat mirip corong turbin, terutama saat lampu rem menyala. Fairing depan juga dibuat aerodinamis dan bagian atasnya dibuat mirip kanopi kokpit di dekat setang.

Walau Freesound menyukai tema polished aluminium, mereka masih mengaplikasikan skema warna tiga-strip ciri khas tim balap BMW. Ya, memang motor listrik tidak akan pernah bisa menghadirkan sensasi yang sama dengan mesin boxer, tapi modifikasi ini mampu menjaga tampilan khas BMW di masa kini yang mulai beralih ke era tanpa emisi. Gimana? Anda setuju?

Sumber : Rideapart

Share :