Emostra Garage Piaggio Zip

01-10-2021,13:22

Piaggio Zip bertenaga listrik ini merupakan hasil konversi Emostra Garage asuhan Dharmawan Somaatmadja. Workshop di bilangan Jeruk Purut, Jakata Selatan itu memang salah satu sumber informasi sekaligus sarana belajar kami.

Dharmawan yang akrab disapa Wawan, memang cukup getol membuat karya roda dua bertenaga listrik. Dari EM01 yang sudah jadi milik Kemenhub, hingga beberapa Bajaj Pulsar serta molis lain. 

Soal sejarah lahirnya Piaggio Zip listrik ini, rupanya Wawan mencicilnya. Bukan dibeli secara kredit lho, melainkan setiap komponen dikumpulkan satu per satu. Namun, lantaran aktif di Kosmik (Komunitas Sepeda dan Motor Listrik), akhirnya mesin asli ditukar penggerak listrik. 

Lantaran Zip relatif kecil dan enteng, Wawan memilih baterai 60 Volt 25 Ampere yang terhubung ke controller Nandjing 72240, yang mengatur penyaluran listrik ke dinamo QS V1 2 kW. Hasilnya memang paten, skuter ini lincah dan memadai untuk pecicilan di dalam kota. Menurut Wawan, top speed sekitar 80 km/j, dengan jarak tempuh teoritis 60 km.

Sekilas, tampilannya mirip Zip mesin bensin, hanya sedikit agresif karena memakai ban depan 100/80 R10 dan belakang 120/90 R10. Selain itu, ada sedikit permainan livery bodi yang membuatnya lebih dinamis. Tak lupa ditambahkan indikator baterai pada panel dasbor, serta tombol pengatur riding mode.

Bila ingin konversi dengan spesifikasi ini, Wawan menyebut angka Rp 25 juta, waktu pengerjaan sekitar 2 minggu. Tentu saja, spesifikasi dan performa mudah diatur, tergantung anggarannya...hehehe. 

Untuk keterangan detail, silakan kontek ke +62 816 404069..

 

Share :