Holley Tersengat Listrik!

07-10-2021,15:54

Bila Anda penggemar Hot Rod dan mesin V8 bertenaga monster, tentu nama Holley tidaklah asing. Mencetak sejarah pada 1896, Holley sempat dikenal sebagai pemasok karburator racing. Sejak itu, Holley terus tumbuh dan berkembang seiring teknologi otomotif. Produk mereka pun semakin banyak, mencakup nyaris seluruh aspek mesin high performance, dari sistem injeksi elektronik, pengapian programmable, exhaust dan banyak lagi.

April tahun ini, Holley yang bermarkas di Kentucky, Amerika, mengakuisisi Advanced Engine Management Inc. atau AEM. Juga terkenal sebagai pembuat ECU standalone dan piggyback mesin balap. AEM pun bukan nama asing di kalangan penyuka mobil kencang.

Akhir 2019 lalu, AEM mengenalkan AEM-EV, brand baru yang khusus memasok keperluan konversi mesin bakar ke EV. Mereka meluncurkan beberapa controller dan pernak-pernik lain yang terkait. Inilah yang diharapkan oleh Holley sebagai kendaraan mereka masuk ke ranah EV.

Sejak awal, Holley memang serius soal performa. Sebelum AEM, mereka sudah menggaet banyak brand yang sudah tenar di sirkuit balap, sebut saja APR, Earl’s Performance, Flowmaster, Hilborn Fuel Injection, MSD, Nitrous Oxide Systems, Racepak, Simpson, Stilo, STS Turbo, Tremec dan banyak lagi. 

Tak heran bila mereka melihat potensi EV sebagai bagian dari budaya pecinta kecepatan. Bisa jadi karena Tesla yang keseringan mempecundangi muscle car di Amerika.

Tak hanya brand, Holley pun mengumumkan event khusus kendaraan listrik, yakni High Voltage Experience yang dijadwalkan akan berlangsung pada 13-14 November mendatang di sirkuit Sonoma Raceway, Kalifornia.

Bahkan di 2019 lalu, Holley sudah bekerjasama dengan legenda drag race Amerika, Don “Big Daddy” Garlits dengan membuat mobil drag tercepat saat itu, yakni “Swamp Rat 38” yang membukukan rekor 402 m dalam 7.235 detik, dan kecepatan finish 304,23 km/j!

Mengapa kiprah Holley ini penting? Karena ini menjadi indikator bahwa kendaraan listrik akan cepat jadi budaya main stream layaknya Hot Rod, di kalangan pecinta kecepatan. Kita pun mesti siap-siap menyambut era tuning motor listrik yang lebih serius. Itu kalo gak mau ketinggalan ya...

Sumber : Holley, Jalopnik

 

Share :