Ford F-100 Eluminator Concept

04-11-2021,06:26

Ford memang lagi gembira dengan pesanan pikap F-150 Lightning-nya yang baru dijual tahun depan. Tapi yang dipajang di SEMA Show 2021 di Las Vegas (2-5 November) justru restomod listrik dari pikap F-100 lansiran 1978.

            Mengapa bukan F-150 Lightning baru?

Setidaknya ada dua alasan yang terlintas. Pertama, karena pikap custom memang digemari di Amerika, kedua adalah SEMA memang ajang pamer industri aftermarket, custom dan modifikasi. Ford paham betul, bahwa budaya memodifikasi pikap sudah mendarah daging di Amerika. Jadi yang dipajang hasil restomod...

            Namun, selain itu Ford juga punya agenda penting di SEMA (Specialty Equipment Marketing Association). Acara tahunan ini bukan pameran biasa yang terbuka untuk khalayak umum. SEMA adalah pameran industri yang hanya bisa dihadiri pihak yang berbisnis komponen aftermarket.

            Ini memang industri besar di Amerika, dimana modifikasi mobil sudah menjadi budaya sendiri. Ford sendiri baru memperkenalkan crate engine (motor listrik khusus untuk pemasangan custom) yang diambil dari Ford Mach-E GT. Motor elektrik ini dinamai Eluminator, dan dijual seharga US $ 3.900 atau sekitar Rp 56 juta dengan kurs sekarang. Wah, kok murah ya?

            Tentu, SEMA jadi ajang yang tepat untuk memperkenalkan sang Eluminator. Tidak hanya memajang unit motor elektriknya, tapi Ford sekalian aplikasi pada kendaraan custom atau restomod EV.

            Pikap F-100 Eluminator Concept ini memakai sepasang motor listrik Eluminator, masing-masing untuk roda depan dan belakang. Sehingga menghasilkan tenaga total 480 dk dengan torsi 859 Nm. Setiap Eluminator memang berspesifikasi 281 dk dengan torsi 429 Nm.

            Ford membangun F-100 yang kental dengan nuansa hot-rod modern. Pembuatnya adalah kolaborasi Ford Performance (divisi aftermarket) dengan MLe Racecars, perusahaan spesialis pembuat EV untuk balap. Tentu saja, sasisnya bukan lagi buatan 1978, melainkan versi high performance bikinan Roadster Shop.

Bodi klimis dengan laburan rona Avalanche Gray, ditambah aksen Cerakote Copper membuatnya tampil kalem. Namun suspensi pendek berpadu pelek billet Forgeline 19 inci dan Michelin 271/45-19, mengindikasikan performa agresif.

Interiornya sendiri tampil lebih modern berkat berbagai perangkat yang diambil dari Mustang Mach-E, seperti layar display utama, jok dan roda kemudi. Namun dasbor dan balutan interior, adalah pesanan khusus.

Oiya, Eluminator memang menyasar pada peminat konversi mobil lawas, yang berpenggerak roda belakang. Ford menangkap gejala retroEV yang terus berkembang belakangan ini.

            Tentu saja, Ford tidak berhenti pada motor elektrik saja. Mereka sedang mengembangkan perangkat pendukung konversi EV, seperti controller dan paket baterai.

            Sebagai catatan, tahun lalu GM sudah melakukan hal yang sama. Mereka juga menjual motor elektrik, yang dipajang terpasang pada Chevrolet Blazer K5.

            Jadi kepengin...

Sumber : Ford, SEMA

Share :