Konversi Ideal dari Magna International

28-02-2022,09:55

Magna International adalah pemasok komponen otomotif ketiga terbesar di dunia. Dengan pengalaman lebih dari 60 tahun melayani brand otomotif terbesar, seperti BMW, Mercedes, Jaguar Land Rover, Ford, dan banyak lagi, Magna pun mengerti betul arah industri otomotif.

Di awal 2022 ini, mereka mengumumkan produk terkait elektrifikasi. Yakni kit yang memudahkan proses konversi pikap bermesin ICE jadi EV. Mengapa pikap?

Sejak tahun 1970an, pikap menjadi segmen yang selalu laris untuk semua merek di pasar Amerika. Pikap menjadi budaya otomotif tersendiri. Sedangkan EV, adalah teknologi yang sedang tumbuh pesat. Magna International sadar itu, dan juga sadar soal kendalanya.

Sebenarnya, Magna International sudah punya EtelligentDrive – Electrified Powertrain Systems. Atau sistem penggerak elektrik terpadu, dari controller, baterai, dinamo dan semua perangkat terkait.

Namun, khusus untuk pikap, mereka andalkan EtelligentForce powertrain system. Yakni sistem pengggerak 4x4 yang khusus didesain agar mudah diaplikasikan ke pikap 4x4 yang populer di Amerika.

            Kunci sistem ini adalah eBeam, yakni as roda belakang yang sudah dilengkapi motor elektrik, dan akan tersedia dalam format satu motor dan dua motor.

            Nantinya, eBeam ini mudah dipasang ke pikap yang ada sekarang, tanpa banyak ubahan. Tinggal copot gardan belakang, pasang eBeam, sambung ke unit controller, beres. Kelebihan sistem ini, karena aplikasinya tak mengganggu struktur sasis serta suspensi pikap yang sudah ada. Sehingga tak mengganggu daya angkutnya.

            Soal kemampuan, paket eBeam bersama eDrive (motor roda depan) akan memberi tenaga total 430 kW.

            Belum ketahuan apakah sistem ini bakal tersedia di pasaran aftermarket sebagai kit, namun Magna sudah menyebut ada beberapa merek yang tertarik. Yang pasti, sistem ini sangat memudahkan bagi pehobi...

foto : Magna

Share :