YAMAHA NEO’S 2022

22-03-2022,10:34

Maret ini, Yamaha resmi merilis skuter elektrik NEO’S sebagai model 2022 di Eropa. Dan kemudian akan dilanjut ke pasar Asean, termasuk Indonesia, secara bertahap.

Bila mengingat kiprah Yamaha di Indonesia, memelopori skutik matic dengan Mio, jangan heran bila NEO’S nanti beredar di Indonesia.

            Persoalan sekarang memang soal kesiapan pasar dan infrastruktur, yang itu pun terus tumbuh. Merek molis bersurat resmi sudah banyak, diikuti sistem battery swap terkait. Yang masih perlu waktu, hanya jaringan servis dan perubahan kebiasaan konsumen. Dua hal itu saling memengaruhi.

Namun, dengan naiknya harga bbm secara bertahap, serta dukungan pemerintah yang terus menguat, dipastikan kepopuleran molis akan tumbuh pesat dalam beberapa tahun ini.

            NEO’S dibekali spesifikasi yang menarik, namun tidak istimewa dibanding motor elektrik yang sudah beredar saat ini. Dilengkapi hub motor 2,5 kW dengan torsi 136 Nm, serta baterai pack LiOn 50,4 V - 19,2 Ah. Bobot baterai 8 kg, dan mampu membawa NEO’S menempuh 37 km. Kami berasumsi itu dengan pengendaraan normal, karena jauh di bawah jarak 60 km yang jadi standar molis di Indonesia saat ini.

Namun begitu, Yamaha mendorong konsumen untuk menambah satu battery pack lagi, sehingga jarak tempuh berlipat mendekati 70 km. Pun jarak 37 km relatif aman di dalam kota, karena baterainya dapat dicharge di luar motor. Bila menggunakan charger bawaan pabrik, setiap baterai butuh 8 jam bila diisi dari kosong.

NEO’S dilengkapi dua mode riding, yakni STD dan ECO, dimana ECO lebih irit listrik, namun dengan tenaga yang dibatasi.

Bila konsumen memakai opsi baterai ganda, tentu kapasitas bagasi akan terbatas. Menurut Yamaha, hanya akan muat jas hujan atau benda kecil lainnya. Namun, Anda dapat memasang opsi boks bagasi belakang berikut raknya. Jadi lebih lega dan praktis.

Untuk kepraktisan, selain layar informasi yang simpel dan jelas, NEO’S juga dilengkapi konektivitas ke smartphone via aplikasi MyRide. Tentu fitur Smart Key sudah jadi standar, dan dengan ban low rolling-resistance, berkendara akan menjadi lebih nyaman dan efisien.

Karena posisi baterai NEO’S dibawah jok, maka bagian lantai lebih rendah dan luas, sehingga lebih nyaman dan praktis. Satu yang jadi catatan adalah harga, di Eropa NEO’S dijual £3,005, atau sekitar Rp 49 juta...itu belum termasuk baterai tambahan lho...

Share :