Taksi Listrik EHang 216 Terbang Keliling JIExpo

01-08-2022,05:58

Untuk pertama kalinya, EHang 216, terbang mengudara mengelilingi Kawasan JIExpo, Kemayoran. Aksi taksi listrik terbang mengitari rute tertentu ini dilakukan sebagai agenda hari penutupan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, kemarin (31/7). Ini merupakan penerbangan perdana dari EHang 216 setelah sebelumnya hanya terbang naik turun secara vertical saja (hovering).

“Banyak fase yang kami lewati untuk sampai pada hari ini. Jika demo flight sebelumnya kita hanya hovering, hari ini kita melakukan Urban Flying Route Demo, dimana EHang 216 terbang dari 2 titik point penerbangan yang sangat akurat,” jelas Rudy Salim, Executive Chairman Prestige Aviation selaku distributor EHang di Indonesia.

Untuk membuktikan EHang 216 sebagai taksi terbang bertenaga listrik, di kabinnya diletakkan boneka berbentuk manusia dengan bobot serupa. “Keberhasilan Urban Flying Route Demo hari ini membuktikan EHang 216 mampu untuk melakukan the ultimate test, yaitu membawa passenger dalam waktu dekat,” imbuh Rudy.

EHang 216 merupakan kendaraan listrik berkonsep Autonomous Aerial Vehicle (AAV). Wujudnya bak drone besar, dengan ruang untuk dua penumpang di dalamnya. Layaknya drone yang jamak dikenal sebagai kamera terbang, ia pun dikemudikan oleh pilot dari pusat komando.

Alat transportasi ini mampu menempuh jarak hingga 35 km dengan daya angkut 220 kg. Tentunya, sebagai kendaraan elektrik, maka ia bebas emisi, sehingga ramah lingkungan.

“EHang 216 bukti bahwa kita berhasil melewati 2 quantum leap, di mana adanya peralihan dari kendaraan konvensional ke kendaraan berbasis baterai, dan juga peralihan dari kendaraan darat seperti mobil ke moda transportasi udara, seperti EHang 216. Nyatanya, persentase angka kecelakaan jalur darat masih lebih besar dibanding jalur udara, ditambah lagi teknologi EHang yang luar biasa canggih mengutamakan keamanan di atas segalanya,” Tutup Hendra Noor Saleh selaku Project Director PEVS 2022. (Van)

Share :