Macan EV, SUV Listrik Porsche yang Patut Diperhitungkan

12-06-2024,18:39

Porsche Macan EV membuka babak baru sejarah panjang Porsche, pabrikan otomotif asal Jerman yang terkenal dengan mobil sportnya. SUV Porsche diperkenalkan pertama kali pada 2013. Cayenne menjadi SUV pertama Porsche dan langsung memikat pasar dengan desainnya yang sporty, performa yang luar biasa, dan handling yang sesuai reputasi mereka.

Sadar segmen SUV sangat potensial, maka Porsche pun membuat Macan, yang lebih kompak dari Cayenne. Mari kita ulas balik Porsche Macan ini kebelakang:

• 2012: Porsche merilis konsep Cayenne Coupe di Paris Motor Show, yang menjadi cikal bakal Macan.

• 2013: Porsche Macan resmi diluncurkan di Geneva Motor Show, tersedia dalam varian S dan Turbo.

• 2016: Macan facelift diperkenalkan dengan desain yang lebih segar dan teknologi yang lebih canggih.

• 2020: Porsche mengumumkan pengembangan Macan EV, menandakan langkah Porsche menuju era elektrifikasi.

• 2021: Porsche Macan EV resmi diluncurkan di Los Angeles Auto Show, tersedia dalam varian Macan 4 dan Macan Turbo.

Porsche Macan EV tampil dengan desain yang menawan dan futuristik, menggabungkan ciri khas Porsche dengan sentuhan modern. Bagian depan didominasi lampu LED matriks yang tajam, bumper depan sporty, dan gril ikonik Porsche yang kini diisi panel hitam. Siluet coupe yang ramping dan sporty diperkuat dengan velg berukuran besar dan garis atap yang melengkung. Bagian belakang dilengkapi lampu LED memanjang dan diffuser sporty.

Interior Macan EV memanjakan pengemudi dan penumpang dengan kemewahan dan teknologi canggih. Layar sentuh 10,9 inci mendominasi dashboard, terintegrasi sistem infotainment Porsche Communication Management (PCM) yang intuitif. Kursi depan ergonomis dengan pengaturan multi-arah, panoramic sunroof, dan berbagai fitur kenyamanan lainnya tersedia untuk meningkatkan pengalaman berkendara.

Macan EV hadir dalam dua varian: Macan 4 dan Macan Turbo. Macan 4 menghasilkan tenaga 408 hp dan torsi 650 Nm, dengan jarak tempuh hingga 613 km. Macan Turbo lebih bertenaga dengan 639 hp dan torsi 1.130 Nm, mampu menempuh jarak hingga 591 km dalam sekali pengisian daya. Kedua varian dilengkapi baterai berkapasitas 95 kWh dan mendukung pengisian daya 800V dengan kecepatan charging hingga 270 kW.

Macan EV dilengkapi berbagai teknologi canggih, seperti Porsche Dynamic Chassis Control (PDCC) untuk handling yang optimal, Porsche Traction Management (PTM) untuk traksi maksimal di berbagai kondisi jalan, dan Porsche Adaptive Cruise Control (ACC) untuk perjalanan yang aman dan nyaman. Fitur keselamatan seperti airbag, rem ABS, dan ESP juga tersedia sebagai standar.

Mobil ini resmi masuk Indonesia dan dibanderol dengan harga Rp. 2,4 Miliar, setrumers minat?

Share :