Edan! Tesla S ini sudah menempuh jarak 692rb km

17-06-2024,15:32

Belakangan banyak berita terkait penurunan harga mobil listrik bekas yang anjlok dibanding mobil bbm. Ada berbagai alasan terungkap. Dari populasinya yang memang relatif kecil, konsumen yang belum teredukasi, hingga kekhawatiran soal baterai dan komponennya.

Soal baterai ini mendapat perhatian khusus. Karena banyak disebut harga penggantiannya terlalu mahal. Dikutip dari CNBC Indonesia, harga baterai kendaraan listrik yang mahal membuat masyarakat masih enggan untuk membeli. Pasalnya, harga baterainya sendiri saja sudah setengah dari harga mobil. Apalagi disebutkan bahwa umur pakai baterai terbatas. 

Sejujurnya, ini agak sulit dinilai secara obyektif, karena umur mobil listrik di Indonesia masih muda. Tapi beda dengan di luar negeri. 

Seperti dikutip dari channel Youtube AutoTrader, sebuah Tesla Model S lansiran 2016, yang digunakan sebagai taksi di Inggris, telah menarik perhatian karena mencapai jarak tempuh 692.000 km dengan baterai dan motor asli yang masih berfungsi dengan baik! 

Hal ini menunjukkan ketahanan luar biasa dari kendaraan listrik, terutama Tesla, dalam penggunaan jangka panjang. 

Dibeli pada 2016, lalu digunakan sebagai taksi bandara. Mobil ini hanya mengalami penurunan jarak tempuh 104 km atau sekitar 36% dari baru, dan tidak pernah mengalami servis besar. Bahkan baterai diisi ulang menggunakan Supercharger beberapa kali sehari! Dan diisi hingga 100% hampir setiap hari.

Ini mematahkan banyak mitos soal baterai dan ketahanannya. Bila dibandingkan dengan mobil BBM, selain biaya operasionalnya sangat rendah, perawatannya pun sangat murah. Mobil listrik tidak ada penggantian oli, filter, servis mesin, bahkan overhaul. 

Kisah ini menunjukkan ketahanan dan keandalan kendaraan listrik, serta mematahkan kekhawatiran tentang umur panjang baterai dan biaya perawatan yang tinggi. Tesla Model S ini menjadi contoh sempurna dari kepraktisan dan ketahanan mobil listrik di kehidupan nyata.

Bagaimana di Indonesia? Kita lihat beberapa tahun lagi… 

 

Share :